Monday, 24 November 2014

Tambang Pasir Besi

Tambang Pasir Besi. Dalam dunia industri, mineral logam maupun non-logam adalah hal yang pokok. Keduanya menjadi sangat penting untuk berjalannya sebuah industri yang semakin modern seperti sekarang ini.

 Tambang Pasir Besi

Tambang Pasir Besi di Indonesia

Meningkatnya kebutuhan aktivitas/ekonomi daerah, pasir besi menjadi salah satu komoditi ekspor yang sedang nge-trend atau istilahnya sedang naik daun untuk dikirim luar wilayah Indonesia. Dilihat dari harga jualnya atau nilai ekonomisnya, pasir besi lebih rendah dari pada harga jual mineral lainnya seperti timah, tembaga, emas,dan sebagainya.

Jika anda cermati, harga bijih besi yaitu pasir besi yang sudah diproses dihargai sekitar US$170/ton. Sementara itu harga timah sekitar US$20.000/ton. Dalam usaha Tambang Pasir Besi, terdapat sekitar 9.000an ijin pertambangan untuk berbagai jenis mineral dan batubara. Tahun 2000 yang lalu, bisa dikatakan jumlah ijin pertambangan Pasir Besi ini masih bisa dibilang ratusan saja atau bahkan bisa dihitung jari.

Namun saat ini banyak pengusaha nakal yang pada dasarnya bukan penambang, melainkan calo izin pertambangan atau calo tanah untuk tambang. Mereka inilah yang merusak citra pengusaha tambang yang serius ingin menambang. Masalah tersebut berdampak ke instansi-instansi terkait. Banyak petugas di instansi pemerintah yang tidak lagi memegang Prinsip Pembangunan Berkelanjutan dan Tata Pertambangan yang Baik dan Benar.

Dampak Tambang Pasir Besi

Aktifitas Tambang Pasir Besi memiliki dua sisi yang saling berlawanan. Tambang pasir besi merupakan sumber kemakmuran sekaligus perusak lingkungan. Sebagai sumber kemakmuran, sektor ini menyokong pendapatan negara selama bertahun-tahun. Sebagai perusak lingkungan, pertambangan terbuka (open pit mining) dapat mengubah secara total baik iklim dan tanah akibat seluruh lapisan tanah.

Lebih detailnya sebagai berikut :

  1. Kerusakan lahan bekas tambang.
  2. Merusak lahan perkebunan dan pertanian.
  3. Membuka kawasan hutan menjadi kawasan pertambangan.
  4. Dalam jangka panjang, pertambangan adalah penyumbang terbesar lahan sangat kritis yang susah dikembalikan lagi sesuai fungsi awalnya.
  5. Pencemaran baik tanah, air maupun udara. Misalnya debu, gas beracun, bunyi dll.
  6. Kerusakan tambak dan terumbu karang di pesisir.
  7. Banjir, longsor, lenyapnya sebagian keanekaragaman hayati.
  8. Air tambang asam yang beracun yang jika dialirkan ke sungai yang akhirnya ke laut akan merusak ekosistem dan sumber daya pesisir dan laut.
  9. Menyebabkan berbagai penyakit dan mengganggu kesehatan.
  10. Sarana dan prasarana seperti jalan

Penanganan Dampak Tambang Pasir Besi
Ada sebab pasti ada akibat, dan tentunya harus punya penanggulangan. Berikut ini adalah cara penanggulanan dari tambang pasir besi yang dapat ditempuh dengan beberapa pendekatan, untuk dilakukan tindakan-tindakan tertentu sebagai berikut :

1. Pendekatan teknologi, dengan orientasi teknologi preventif (control/protective) yaitu pengembangan sarana jalan/jalur khusus untuk pengangkutan pasir besi sehingga akan mengurangi keruwetan masalah transportasi. Pejalan kaki (pedestrian) akan terhindar dari ruang udara yang kotor. Menggunakan masker debu (dust masker) agar meminimalkan risiko terpapar/terekspose oleh pasir (coal dust).

2. Pendekatan lingkungan yang ditujukan bagi penataan lingkungan sehingga akan terhindar dari kerugian yang ditimbulkan akibat kerusakan lingkungan. Upaya reklamasi dan penghijauan kembali bekas penambangan pasir besi dapat mencegah perkembangbiakan nyamuk malaria. Dikhawatirkan bekas lubang/kawah pasir besi dapat menjadi tempat perindukan nyamuk (breeding place). Penanaman bakau dan mangrove secara terpadu untuk mencegah terjadinya abrasi pantai.

3. Pendekatan administratif yang mengikat semua pihak dalam kegiatan pengusahaan penambangan pasir besi tersebut untuk mematuhi ketentuan-ketentuan yang berlaku (law enforcement)

4. Pendekatan edukatif, kepada masyarakat yang dilakukan serta dikembangkan untuk membina dan memberikan penyuluhan/penerangan terus menerus memotivasi perubahan perilaku dan membangkitkan kesadaran untuk ikut memelihara kelestarian lingkungan.

Sekian informasi dan sedikit pembahasan tentang Tambang Pasir Besi. Sekarang anda jad lebih tahu kelebihan dan kekurangan dari Tambang Pasir Besi.

Tag: pasir besi | tambang pasir besi | tambang pasir | Daerah penghasil pasir besi di indonesia | cara menambang pasir besi |

Related Posts to "Tambang Pasir Besi"

Response on "Tambang Pasir Besi"